Tuesday, July 13, 2010

sekolah mahal, orang tua perlu hemat

 kemarin adalah hari pertama masuk sekolah. hari ini kedua. Anakku udah mulai berani. Kadang-kadang dia hanya butuh dukungan aja. Kebutuhan anak sekolah sudah mulai terasa. Sekolah yang "baik " relatif mahal. Yah, kita orangtuanya yang harus banyak prihatin. Biarlah anak-anak menikmati pendidikan yang baik menurut kita. karena pendidikan adalah investasi yang sangat penting. Tidak ada kata rugi di dalamnya. Sedangkan kompensasinya maka kita ayah dan ibuya yang ganti berhemat-hemat. Caranya :
1. Kurangi pengeluaran yang kurang perlu : pemakaian kendaraan yang "makan" bensin harus seefisien mungkin. Bila memungkinkan dalam sekali jalan harus bisa menyelesaikan banyak hal. Belanja sekalian tukar galon, beli gas dan beberapa kegiatan yang searah.
Pemakaian listrik sehemat mungkin. Mematikan  listrik yang tidak dipakai : lampu, AC maupun TV.
Pemakaian pulsa juga bisa dihemat.
2. Efisienkan apa-apa yang ada. Tidak perlu membeli sesuatu yang masih bagus. Memanfaatkan apa yang masih dapat digunakan sampai umur ekonomisnya dapat maksimal.
Kadang-kadang perlu juga kita memeberikan barang yang masih dapat berfungsi dengan baik kepada orang lain bila kita mau ganti yang baru. Bukan berarti  kita memberikan yang sudah jelek. Tapi kalau ajaran Aa Gym mau beli 1 maka 1 yang lama harus dikeluarkan.
3. Membeli sesuatu dengan pertimbangan fungsional tidak perlu pertimbangan kosmetik. karena sesuatu yang sifatnya kosmetik biasanya pasti lebih mahal.
4. Pembelian barang yang sifatnya tertier yang tidak terlalu perlu bisa dikesampingkan lebih dulu.
-----------------------------------

No comments: