Friday, August 13, 2010

dari pasar kita belajar

Selama di Jogja aku jadi suka ke pasar... Bukan hanya yang grosir besar-besar seperti di mall atau yang berdiri khusus. Namun di pasar kita banyak belajar.... Banyak ibu-ibu tua kadang sudah bungkuk yang menjual mungkin hanya omset 5000 atau 10.000 rupiah saja. Ya Allah aku bisa apa? Kubeli yang satu, yang lain menunggu........ Tatapan mereka yang penuh harap : bayam atau kangkungnya untuk dibeli membuat akau kadang tidak tega...Ada juga pedagang tua yang menyediakan kelapa hanya 3 buah... Akhirnya aku beli kelapa itu dengan lebih dulu mencari parutan ......Betapa mereka adalah orang-orang terhormat yang tidak sudi hanya untuk menadahkan tangan, menanti belas kasihan orang lain. Mereka adalah pekerja keras dengan modal yang sangat kecil... tentu saja dengan untung yang sangat kecil pula......Aku bayangkan di tengah harga-harga yang melambung tinggi untuk kebutuhan pokok seperti beras dan minyak apakah uang yang mereka terima bisa untuk membeli semua kebutuhan itu ? Entahlah...Aku hanya berharap mudah-mudahan mereka diberi Allah rejeki yang cukup...dan diberi kekuatan untuk mengatasi peliknya hidup di hari ini dan nanti

No comments: