Sunday, October 3, 2010

Ilmu dari Seorang Ibu Muda

saat ada   kenalan baru - seorang ibu muda yang suaminya   meninggal - sedang berjuang untuk membesarkan anaknya dan kepengin meraih kehidupannya kembali berkata "aku ingin belajar sesuatu pada ibu". Aku tercengang. Hah apa yang bisa kuberikan ? Aku merasa tidak cukup ilmu untuk berbagi dengan orang lain. Waduh aku berpikir keras apa yang dapat saya lakukan untuk orang yang memberi kepercayaan yang sangat besar padaku. Aku tak mau mengecewakannya" Ibu mari  kita belajar bersama, karena sesungguhnya saya dalam posisi yang sama dengan Ibu: belajar.  Akhirnya kusampaikan apa-apa yang ibu itu ingin tahu. Walaupun aku tahu pengetahuanku tentang hal itu sangatlah terbatas. Ibu muda itu kelihatan belum puas. Kami akhirnya ngobrol banyak. Ternyata justru aku yang belajar banyak darinya. berbagai hikmah dari cerita kehidupannya, kegigihannya dalam berusaha, keyakinannya akan pertolongan-pertolongan dari Sang Maha Perkasa, dan kemauan keras untuk belajar dengan segala keterbatasan yang ada. Aku sampai malu sendiri. Betapa tidak ada sedikit pun keluh kesah  yang keluar dari mulutnya.Walaupun matanya berkaca-kaca, namun aku tahu hatinya sekeras baja. Ya Allah, terimakasih kami telah dipertemukan dengannya. Karena darinya aku dapat melihat bahwa aku belumlah apa-apa....

No comments: