Monday, November 19, 2012

2012 DHM Course


Laporan DHM Course
Manila, Philippine March, 30 – May, 26 2012
Tempat : University of Philippine (UPI), Manila
TRAINER DAN CO TRAINER :
1.       EPIDEMIOLOGY
a.                   Noel R Juban, MD, MSc, Prof  ( Project Leader and Co trainer;  Dept of Clinical Epidemiology UP Manila)
b.                   Marry Ann Ladia, Phd ( Assistant)-Dept Of Clinical Epidemiology –UP Manila
c.                    Stephanie Roll, MSc, PhD (Lead Trainer, Charite University Medical Center, Berlin, Germany)
d.                   Godofreda V. Dalmacion MD, MSc (Co trainer,  Dept of Clinical epidemiology UP Manila)

2.       LEADERSHIP & HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
a.       Norma Lange Tagaza, Phd (Interconsult-Germany )
b.      Nina Castillo –Carandang MA,Msc, Prof (Dept of Clinical Epidemiology UP, Manila)
3.       HEALTH FINANCING

a.       Hilton Y. Lam, MHA, Phd (trainer, Dept of clinical epidemiology)
b.      Madeleine R. Valera, MD, MScIH (Heidelberg)(Co-trainer  Assistant Secretary of Health Health Policy Finance and Research Development Cluster Department of Health, Sta. Cruz, Manila)
c.       Rosario O. Dumpit, MS (Resource Person United Laboratories, Inc. 66 United St., Mandaluyong City, Philippines)

4.       HEALTH ADMINISTRATION
a.       Vicente Belizario, Jr. MD, MTM&H ( Trainer National Institutes of Health University of the Philippines Manila, Philippine)
b.      Francis Isidore Totanes, MD, MA (Co-trainer National Institutes of Health, Philippine)
c.       Salvador Isidro B. Destura, RM, RN,MD,MPH (Resource Person Department of Epidemiology & Biostatistics UP Manila-College of Public Health)
d.      Maria Lourdes M. Amarillo, MSc (Resource Person)



Tujuan :
Supaya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di level kabupaten/kota dengan cara mempelajari  leadership yang efektif dan pelatihan ketrampilan specific
Supaya dapat mengembangkan mutu pelayanan kesehatan dengan semua dimensinya : equitable, accesible, acceptable, appropiate, comprehensive, effective and efficient “ (WHO, Geneva 2000) dengan cara menempatkan pendekatan multidisiplin, lintas sektoral dan pendekatan yang berorientasi ke masyarakat
Peserta akan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi pada pembelajaran prinsip dasar, metode serta teknik dalam manajemen kesehatan distrik.
Peserta akan mempraktikkan  langkah berbeda sesuai dengan analisa situasi  berdasarkan  hasil latihan untuk kondisi regional yang khas, sosial, budaya dan gender.
Peserta  dapat mengembangkan teknik untuk monitoring dan evaluasi

Kegiatan kursus dilakukan dengan :
1.       Pemberian materi dari fasilitator dan tanya jawab
2.       Diskusi/ kerja kelompok baik  antar negara dan masing - masing negara
3.       Rangkuman materi  hari sebelumnya oleh salah satu peserta
4.       Presentasi hasil diskusi
5.       Role play
6.       Field trip ke fasilitas kesehatan, diskusi tiap negara dan dibandingkan dengan negara lain serta dibuat sintesis kelas.
7.       Membuat re- entry plan
Kegiatan Penunjang :
1.            Ice breaking : permainan dari peserta untuk peserta, maupun dari panitia.
2.        Cultural night : tim Indonesia menjadi juara pertama dengan menampilkan lagu-lagu daerah sekaligus dengan tariannya dengan memakai kostum batik.
3.          City tour : ke tempat bersejarah di Philippina seperti Jose Rizal Park dll.




Jadwal Kursus :
29 April 2012 (Minggu)—Peserta Datang
30 April 2012- Pembukaan 
30 April -4Mei : Epidemiology Module
7 Mei (Senin)-11 Mei 2012 : Human Resources module
14 Mei-24 Mei 2012 :Health Administration and Financial Management / Health Financing
 22 Mei 2012: Academic fieldtrip
25 Mei 2012 : Graduation
Minggu I :  Pada dasarnya minggu pertama adalah materi epidemiologi. Namun diawali dengan pembukaan dan perkenalan setiap peserta 2012 DHM course. Peserta tdd dari Indonesia ( 7 peserta), Cambodia (7 peserta), Philippine (7 peserta) dan Vietnam ( 4 peserta). Peserta memperkenalkan dirinya sendiri serta  daerah dan lembaga  yang diwakilinya. Peserta menggambarkan sistem pelayanan kesehatan di masing-masing negara dengan menggambarkan secara deskriptif  maupun dengan bantuan peta.r
Pada malam harinya ada welcome party yang diisi dengan tarian kebudayaan dari berbagai suku dan daerah di Philippine.
Minggu pertama ini diisi dengan materi epidemiology. Materi epidemiologi meliputi applied epidemiology; kebutuhan akan data  (primary and secundary collection, baseline data); Epidemic and Endemic curves; rancangan studi seperti kohort dll; assessing data quality ( bias, confounding); surveillance and outbreak investigation.
Pemberian materi dengan cara yang bervariasi : fasilitator memberi materi diikuti yanya jawab. Selanjutnya dengan kerja kelompok baik studi kasus di masing-masing negara maupun, merancang sebuah penelitian berbasis data. Hasil dari diskusi kelompok dilanjutkan dengan presentasi hasil.
Minggu II : Dalam minggu ini diisi dengan materi health human resource (SDM Kesehatan). Materi yang membahas berbagai isu yang melanda SDM kesehatan di berbagai negara. Dalam isu ini antara lain tentang SDM kesehatan sebagai sebuah aset  yang penting dan strategis,  ketrampilan interpersonal petugas di tempat kerja, komunikasi, manajemen SDM, kepemimpinan dan kebutuhan akan perubahan (Change) serta isu tenaga kesehatan yang memilih bekerja di luar negaranya dengan berbagai alasan. Dalam hal ini maka Philippina mengalami permasalahan yang cukup serius. Kemungkinan karena tidak terlalu terkendala bahasa di banding  3 negara lain maka perawat Philippina  banyak memilih kerja di luar negaranya. Pada saat field trip ke  sistem pelayanan kesehatan setingkat puskesmas  maka  jumlah perawat yang ada memang kelihatan sangat sedikit.
Dalam materi ini juga dibahas bagaimana  sistem memilih orang dengan kompetensi, value dan perilaku yang baik ( recruiting );  bagaimana menetapkan indikator kinerja dan penilaiannya ( reviewing ); memberi insentif sebagai motivasi ( rewarding );  pengembangan diri untuk mencapai tahapan yang lebih tinggi (retooling);  sampai dengan memaksimalkan potensinya (recycling)   samapai dengan mempertahankan nakes di masing-masing tempat kerja ( retaining)  dan  bagaimana memberdayakan dan memberi kan “energi” kepada petugas untuk lebih produktif  untuk meraih tujuannya (resonating)bagaimana alur kariernya sehingga secara personal dapat meraih potensinya yang optimum (routing)
Minggu III  :   Dalam minggu ini  diberikan materi tentang Administrasi Kesehatan (health administration)  seperti pentingnya mutu pelayanan kesehatan, Community diagnosis dan need assessment, Methodologi perencanaan, Monev. Selain itu juga diberikan materi tentang health financing seperti prinsip akuntansi dan prosesnya untuk organisasi not for profit dan institusi pemerintahan, ekonomi kesehatan pada umumnya, praktik-praktik korupsi dalam bidang kesehatan serta manajemen asuransi kesehatan.
Materi ini diberikan secara selang seling karena pada minggu ke -4 diadakan academic field trip ke fasilitas kesehatan supaya pemahamannya sudah cukup komprehensif saat turun ke lapangan.
Minggu IV : Melanjutkan materi minggu III dan ada kegiatan academic fieldtrip ke fasilitas kesehatan : RS, district health office (DHO)/ dinas kesehatan  dan Baranggay  Health Service ( setara posyandu / poskesdes di tempat kita).
Academic Fieldtrip:
Dalam field trip ini untuk mengetahui bagaimana alur pelayanan kesehatan di Philippina terutama di St. Rosa. Dan bagaimana persamaan dan perbedaan di tiap-tiap negara. Setelah didiskusikan dalam kelompok per fasilitas kesehatan dengan kontribusi dari tiap-tiap negara. Akhirnya dilakukan sintesis di tingkat kelas.
CLASS Synthesis :
Sebelum graduation dilakukan presentasi class synthesis yaitu rangkuman sistem pelayanan kesehatan di semua negara dibandingkan dengan situasi dan kondisi di kota Santa Rosa, Manila.
Dari permasalahan yang muncul dari class synthesis maka ternyata di semua negara permasalahan seperti korupsi dalam bidang kesehatan, mutu pelayanan, kekurangan SDM kesehatan,  infrastruktur kesehatan dan permasalahan akses, serta sistem penggajian bagi petugas kesehatan masih menjadi isu bersama 4 negara. Isu-isu Universal Health Coverage yang di negara kita sedang ramai-ramainya di bahas maka pada negara itu juga sedang berproses pada tahapannya masing-masing.
Pada saat class synthesis, saya termasuk tim dari Indonesia, bersama 3 teman dari Cambodia, Philippina dan Vietnam sekaligus mempresentasikannya di depan kelas.
GRADUATION :
Dilakukan pada tanggal  25 May 2012 di aula Fakultas Kedokteran UPI
Pada saat itu dilakukan pemilihan best student, peserta dengan re –entry plan terbaik, putra dan putri 2012 DHM course,  dll  serta penyampaian sambutan dari masing-masing negara dan penyampaian sambutan dari pihak penyelenggara. Saat itu  saya ditugasi untuk menyampaikan sepatah kata sebagai wakil dari Indonesia dan secara kebetulan terpilih menjadi salah satu yang terbaik.

Komentar Tentang Kursus :
Kursus sangat bermanfaat, banyak Ilmu  baru yang saya dapatkan. Kursus berjalan dengan sangat tepat waktu ....saluut.
Acknowledgment :
Prof. Ali Ghufron Mukti, dr, MSc, Phd; Dra. Diah Ayu Puspandari,Apt, M.Kes, MBA ; Teman-teman Pusat KPMAK; Pemkot Tarakan-Kaltim, Cecil Benavidez (Philippina), Semua Fasilitator dan Panitia Penyelenggara dari departemen Epidemiologi University of philippine.



No comments: