Friday, December 7, 2012

Cermin itu

Ada buku bagus tentang : "Dilema Bangsaku" :Pandangan Seorang Dokter. kumpulan opini dari seorang ahli bedah yang sangat luar biasa dalam koran Jawa Pos. dr. Ario Djatmiko, SpB pengarangnya.Yah, memang masih banyak dibutuhkan pemikiran kritis seperti ini baik terhadap masalah-masalah kesehatan secara umum maupun dunia kedokteran.
Kadang bila yang menulis "orang lain"  maka seringkali kita menjadi tidak terima bila dikritik2. Tetapi bila kita menerima kritikan itu dari kalangan sendiri yang juga pernah mengalami suka dukanya menjadi mahasiswa kedokteran, dokter muda atau co ass serta pasti pernah menyandang gelar sebagai dokter umum, pastilah akan lebih mengena dan tidak asal berkomentar.
Kita menjadi tersadar bahwa betapa dari kalangan  kita  sendiri , kadang masih menjadi bagian dari masalah dunia kedokteran dan kesehatan itu denan bantuan cermin diri. Yah, dengan  bantuan   cermin itu maka kita jadi bisa melihat muka sendiri. betapa masih banyak bopeng-bopeng wajah diri kita. Muncul luka-luka di sana-sini. Sering kita untuk menutupinya maka hanya mengoleskan bedak tebal-tebal untuk menutupinya. Tetapi kita juga sering tidak bisa mencegah tangan kotor kita mengulik-ulik wajah kita yang pada akhirnya akan membuat bisul dan luka di wajah kita.
Yah untuk melihat wajah dengan baik kita butuh  cermin. Dan di buku ini kita bisa bercermin. Melihat kekuranagn2 kita.... Ada satu prolog yang sangat baik di dalamnya: bahwa membangun reputasi adalah tidak bisa mendadak. Tetapi membutuhkan waktu yang panjang bahkan sangat panjang. Dibutuhkan juga konsistensi sekaligus. Hebatnya  pengarang buku ini sudah membuktikannya... Selamat datang dokter pejuang. Seorang pemimpin. Mudah2 an akan makin banyak lahir dokter2 pejuang yang lain......

No comments: