Sunday, July 20, 2014

Sebuah Diskusi Kecil dengan Pangeran Kecilku


Berdiskusi dengan pangeran kecilku yang baru lulus SD - usia menjelang remaja tentang situasi sekarang ini banyak menyinggung-nyinggung tentang politik, kebebasan pers, nilai universal dan banyak hal lain yang sedang hit dan trend membuat aku sadar bahwa aku sedang berhadapan dengan pribadi yang sedang mencari "sesuatu". Istilah yang dilontarkan membuat aku kaget karena anak-anak sekarang kelihatan menjadi lebih cepat dewasa. Berbicara politik /pilpres di usianya yang masih sangat muda dengan berbagai sudut pandang. Aku sadar, anak sekarang tumbuh dan berkembang ditemani dengan berjuta informasi yang benar bahkan yang sampah dari berbagai media. Kadang bahkan sumpah serapah dan caci maki yang mengemuka. Ternyata menjadi tantangan kita sebagai orang tua untuk menjadi wasit yang netral dan adil bagi semua. Social media, media cetak serta TV diyakini memang memang menjadi alat untuk berkomunikasi yang cukup efektif untuk segala hal...Dibutuhkan kecerdasan dalam menganalisis semua berita yang ada. Tidak hanya apa yang tergambar di layar tetapi kadang kita juga perlu melihat apa yang ada dibaliknya. Karena sejatinya sesuatu yang benar seringkali bukan menjadi sebuah arus utama yang ada dan tersaji indah di depan mata. Jadi menurut hemat saya, dalam situasi seperti ini carilah informasi yang benar dengan melihat dari berbagai angle. Karena kalau hanya dari salah satu sumber saja maka akan kurang berimbang informasinya. Tentu saja tetap butuh nurani dan akal sehat untuk mengambil kesimpulannya....
Wasit yang adil tentu saja bukan berarti tanpa keberpihakan. Tapi keberpihakan pada sebuah value dan prinsip kebenaran dan kebajikan. Dalam hal konteks diskusi dengan pangeran kecilku ini maka pesanku dalam melihat seorang sosok pemimpin harus imbang dan mengakui ada kelebihan dan kelemahan masing-masing. . .Tidak boleh ada kultus individu pada siapapun..Karena harus disadari bahwa tidak ada makhluk yang sempurna....etc.
Semoga diskusi itu menjadi sebuah mata rantai positif dalam proses pendewasaanmu Nak! Apapun urusannya semoga diberikan kemudahan Allah swt dalam membedakan dan mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah bila berhadapan dengan sebuah urusan benar -salah/moral.....dan harapanku khusus urusan diskusi yang nyerempet pilpres tadi semoga negara kita diberikan pemimpin yang terbaik dan amanah...Amin Ya Robb.

No comments: