Sunday, September 4, 2011

"saya ikat anak dengan doa"

Lebaran identik dengan saling silaturrahim. Yang muda datang ke yang tua. lazimnya di dalam kondisi itu akan saling bercerita tentang masa kecil, masa muda dan tentu kondisi sekarang. Banyak pelajaran dari situ. Saat kami berkunjung ke sesepuh yang sukses beliau menceritakan bagaimana membesarkan anaknya yang sekarang sedang berusaha meraih gelar profesornya di luar negeri. Juga bagaimana adik-adiknya yang sekarang sedang menempuh jenjang pendidikan lanjutannya. Saat saya bertanya apa kuncinya Bapak kok bisa sukses membesarkan anak-anak dalam kondisi berkecukupan ( beliau pensiunan pejabat di sebuah BUMN ? Cukup mengagumkan jawaban yang saya terima "saya ikat anak dengan doa... juga berilah mereka makanan yang halal". sebuah jawaban yang kelihatannya sederhana, tetapi sebenarnya mengandung makna yang sangat dalam. Bagaimana di tengah situasi dimana semua ditakar dan di ukur dengan uang, namun si bapak sedemikian sukses menanamkan bahwa justru itu bukan segalanya...Beliau menceritakan juga bahwa bekerja keras dan menanamkan rasa keagamaan yang benar juga menjadi bagian usahanya. sekarang saatnyalah menurut saya dimana si Bapak sedang menuai apa yang pernah ditanamnya di masa lalu. Dan yang mengharukan beliau yang baru kita kenal beberapa waktu sebelumnya, memberikan kita doa tulus untuk kami sekeluarga. Subhanallah. Banyak cerita di balik kesuksesan seseorang. yang jelas kerja keras sebagai bagian dari usahanya dan doa menjadi salah satu kuncinya...

No comments: