Wednesday, November 2, 2011

Biarlah Kepahitan Ini akan Menjadi Pupuk Kehidupan

Kepahitan adalah istilah untuk mengganti sebuah penerimaan dari perlakuan kecurangan, caci maki, ketidakadilan, kesewenang-wenangan, dipandang sebelah mata bahkan dianggap tidak ada alias tidak dipandang sama sekali, perlakuan yang tidak menyenangkan, dibicarakan kejelekan-kejelekan tanpa pernah bisa membela diri, dan lain-lain.
Memang selagi kita bernapas dan hidup permasalahan akan datang silih berganti. Wajar. Hanya manusia yang sudah mati saja yang tidak punya masalah dengan dunia. Bagaimana kita hrus menyikapinya? aku sih menganggap bahwa itu semua akan menjadi pupuk dalam mengarungi hidup selanjutnya. Semoga hal ini akan menjadi penguat bahkan penyubur supaya hidup kita kan lebih bermanfaat untuk banyak orang di kemudian hari dengan buah yang bergizi, dengan daun yang hijau untuk menaungi orang yang dibawahnya serta untuk menyerap CO2 yang ada di sekitarnya, dengan dahan yang kokoh yang suatu ketika bisa menjadi kayun bakar bagi yang memerlukannya.
Kepahitan ini tidak harus ditanggapi dengan berlebihan, tetapi dengan besar hati, jiwa yang lapang dan pikiran yang jernih. Sehingga pahit ini justru bisa juga menjadi obat untuk selalu berpikir bahwa kita adalah bukan siapa-siapa, kita adalah kecil, kita adalah makhluk yang masih ada di atas kita

No comments: