Monday, November 28, 2011

Jembatan Barito, Aman?

Runtuhnya jembatan salah satu daerah terkaya di Indonesia, mengingatkan saya pada kunjungan saya yang beberapa waktu lalu ke Jembatan Barito yang terletak di perbatasana antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Pas naik ternyata goyang-goyang. Wah takut juga. Apalagi banyak sekali mobil dan motor yang berhenti di tengah jembatan. Sampai sekarang saya masih penasaran. Apakah ini jembatan yang emang konstruksinya seperti itu- seperti yang saya dengar dari seorang pejabat PU Pusat yang kebetulan saya temui sepulang dari sana. Beliau bilang memang begitulah konstruksinya. Tapi saya juga tidak tahu pasti siapakah bapak yang asatu deret di pesawat kala itu. Cukuplah sekali ada tragedi dan korban dari sebuah konstruksi.Dan mutu sebuah bangunan baru akan terkuak manakala ada kejadian yang menghebohkan. Bagaimana updating kondisi jembatan lain selain Kukar? Semoga menjadi sebuah pembelajaran yang baik.

No comments: