Friday, December 9, 2011

Bersihnya Surabaya....!

Surabaya dalam beberapa tahun terakhir sangat memukau. Taman-taman hijau di tengah kota yang sangat baik penataannya. Jalanan yang sangat bersih. Sangat jarang terlihat sampah yang berserakan di kanan kiri jalan. Pasarnya yang juga hijau dan bersih. Green and clean. Memang di Surabaya sejak koran besar yang terbit di sana mempelopori G a C maka mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa. Dan terbukti untuk menjadi sebuah kota yang bersih dan hijau, sebenarnya sangat memungkinkan untuk sebuah kota sebesar Surabaya. Saya melihat jalanan yang disapu mulai pagi hari, saat matahari belum tampak. Juga pemilik usaha di jalan-jalan yang ada juga sangat memperhatikan hal ini. saat pagi jam 06 an, saya melihat sebuah gedung di jalan tunjungan, karyawannya sudah mulai menyapu halamannya. Juga tanggung jawab pemda dalam hal kebersihan sangat terasa sekali.
Saya sangat kagum dengan pemerintah daerah yang sanggup menyajikan sebuah keindahan taman, kebersihan jalanan. sehingga saat kita berjalan yang terpikir hanya kok bisa ya ...?


Banyak daerah yang luas wilayahnya tidak sebesar itu, dengan tenaga kerja yang cukup murah, tapi pengelolaan sampahnya sama sekali tidak profesional. Banyaknya timbunan sampah di hampir setiap pojok, tikungan bahkan jalan menunjukkan bahwa ada yang kurang dalam manajemen pengelolaan sampah tersebut. Cobalah studi banding ke Surabaya !!! Tidak perlu jauh-jauh ke Luar Negeri (Singapura misalnya ). ....


No comments: