Saturday, January 14, 2012

Kesetaraan

Ada sebuah pengalaman tentang kesetaraan. Bukan antar laki-laki atau perempuan. tapi antara sesama hamba Allah, tuhan YME.
Saat kita thawaf di Mekah baik haji atau umrah maka tidak ada si A, atau si B yang merujuk kepada pangkat, jabatan, gelar, profesi dll.  semua sama dimata Allah. setara. Namun justru di depan sesama manusia hal-hal seperti ini  kadang -kadang menjadi sangat mahal.
Pernah pada suatu ketika, kita ada keperluan dengan seseorang yang sangat terhormat. Namun setelah kita menunggu beliau tidak mau menemui kita. Karena mau pergi. Mungkin memang sangat sibuk. Namun karena kita memang butuh maka kita penginnya sambil jalan atau bagaimana lah supaya sama-sama bisa enak. Tapi sekilas bahasa tubuhnya memang tidak ingin bertemu dengan kita. Hampir tanpa memberi kesempatan, beliau hanya berbicara sangat pendek. 6 suku kata saja.Ya jika berpikir positif bahwa memang beliau sangat sibuk sekali. Sehingga meluangkan waktu hanya sekejap jg sulit sekali. Tapi bisa jadi karena masalah setara itu tadi. BELIAU bisa jadi merasa tidak equal berhubungan dengan kita-kita, yang memang secra akapasitas bagaikan bumi dengan langit dengan beliau. Wah entahlah, maafkan kami bila jatuhnya suudzan. Tapi yang jelas sekat-sekat/ kotak-kota seperti jabatan, gelar dan tetekbengek atribut seringkali membuat hubungan interpersonal menjadi kurang hangat.
Pertanyaannya Bisakah sesuatu atribut justru  menjadi sumber sebuah kehangatan dan  kekuatan hubungan interpersonal ?

Semoga ini menjadi pembelajaran yang sangat positif bila suatu ketika kelak seseorang  dapat menduduki posisi tersebut. amin

No comments: