Tuesday, July 31, 2012

korupsi...oh korupsi


Moment bulan puasa sungguh luar biasa...setiap hari ada diskusi menarik di TV maupun tempat lain. Yang paling gampang diikuti adalah yang dari TV.  Kemarin ada diskusi menarik tentang jihad melawan korupsi. menurut seorang ustadz - kita sedang berperang dengan korupsi  masih dalam taraf kata2. Belum sesuainya antara kata dan perbuatan kita. Ini memang gap yang paling besar dalam hal ini.. ..Seorang mantan ketua MK maka ada  2 cara efektif pembrantasan korupsi :
1. Secara struktural : yaitu dengan pemimpin dan kepemimpinan serta dengan menegakkan aturan
2. Secara kultural : Yaitu dengan pendidikan agama dll
Bila ada anak buah yang korupsi maka semestinya atasannya ikut bertanggungjawab. Walaupun atasannya bersih tetapi minimal kepemimpinannya harus dieavaluasi. Bila eselon v korupsi maka eselon iv diatasnya harus ikut bertanggung jawab. demikian seterusnya. Jadi bila korupsi dilakukan secara massal dan berjamaah di semua lini, mulai staf biasa sampai dengan pejabat eselon, siapakah yang paling salah dalam hal ini? Kalo melihat analogi pak Jimly, waduh, berarti pula bahwa pucuk pimpinan tertinggi menjadi tertuduh utama. Dan jika bangsa ini semua sudah secara sistemik korupsinya maka siapakah yang salah ?

Ya saya menyitir ini sebagai peringatan untuk diri saya sendiri dan keluaraga. Walaupun berat, kita harus mulai dari diri sendiri...sekarang !

No comments: