Tuesday, July 1, 2014

Organisasi Wanita & Wanita di Lapas



.....Kunjungan kerja kali ini selain sebagai wujud IIDI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang mempunyai  potensi yang cukup besar bagi perbaikan lingkunagan sekitarnya . Di samping itu IIDI  berusaha untuk menggalang kepedulian bagi semua penghuni LP khusus wanita karena  menurut pemikiran IIDI  wanita sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya  seharusnya akan dapat menjadi panutan bagi  lingkungan terdekatnya. Wanita mempunyai kedudukan yang sangat mulia di dalam keluarga dan masyarakat. Dari wanitalah akan lahir generasi penerus bangsa. Sehingga dalam menuju ke arah pembentukan generasi yang kuat maka wanita—para calon ibu, istri dan ibu dari anak-anak bangsa- haruslah dipandang sebagai aset yang sangat berharga – apapun dan bagaimanapun kondisinya sekarang ini.
Para wanita di LP –dengan semua masa lalunya- tetap menjadi  bagian dari wanita yang harus dikuatkan peran dan tanggungjawabnya  minimal dalam masyarakat terkecilnya yaitu  keluarga. Dalam  kondisi keterbatasan untuk mengakses semua yang ada di dunia luar lembaga maka perlu ada sebuah media  sebagai sarana pembelajaran alternatif selain yang sudah didapatkan secara rutin dari program Lapas.
Buku –buku yang membangun  dapat menjadi  sarana yang cukup baik dalam menyediakan ruang untuk kontemplasi bagi si pembacanya maupun membunuh waktu  secara positif.  Buku sebagai potensi dan kekuatan  untuk mempengaruhi pola pikir  harus didorong supaya  kehadirannya dirasakan menjadi penting. Ya dari pikiran itulah akan menjadi perkataan, dan dari perkataan akan menjadi perbuatan, dari perbuatan akan menjadi kebiasaan selanjutanya menjadi karakter dan karakter itulah yang diyakini akan dapat menjadi nasib kita kelak dikemudian hari. Itulah mengapa kita sudah harus mnejaga pola pikir , perkataan, perbuatan yang selanjutnya akan menentukan gambaran masa depan kita.
Dasar itulah yang menjadi penting menurut IIDI sehingga penting untuk mengiinisisasi perpustakaan wanita lapas . Peran wanita maupun organisasi wanita  bisa jadi menjadi penting khususnya dalam hal membangkitkan semangat / gairah dalam meraih kehidupan selanjutnya bagi saudara-saudara kita  yang menjadi warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan....

No comments: