Saturday, March 26, 2011

Pemasaran Ide : Perlunya Komitmen dan Cost of good quality dalam Membangun Mutu Puskesmas

Ternyata memang sangatlah sulit untuk memasarkan ide. Bagaimana tidak di tengah banjir informasi dari berbagai media yang sedemikian rupa maka pemasaran ide secara tradisional menjadi sesuatu yang mustahil tampaknya. Orang tidak akan melirik sedikitpun apa-apa yang kita tulis bila tidak menarik dan dalam kemasan biasa-biasa saja.  Ternyata penting juga dalam kebiasaan  mendokumentasikan apa-apa yang kita kerjakan , karena dari situ kita belajaar untuk menulis yang baik, mengemas yang cantik. Ini pun sulit karena harus ada media yang mau memuatnya. Sekarang di era informasi seperti ini semua orang bisa menulis di blognya. Namun apakah ada yang baca? itulah pertanyaannya? Aku sendiri cuek aja menulis walaupun ada yang membaca atau tidak. Karena kadang banyak yang membaca namun tidak komen karena malas. Tapi memasarkan ide mutu  di puskesmas adalah seperti berjualan barang yang sedang tidak musim. Jadi tidak ada demam-demamnya sama sekali. Ho...ho apalagi menulis bangsa komitmen, konsekuensi dan konsistensi sesatu yang menjadi big problem in this live. So, lalu apa? Oh ya ketresediaan dana untuk peningkatan sebuah mutu layanan puskesmas. Ya memang untuk menginisiasi mutu dibutuhkan hanya seperti itu saja. Tapi apa yang ditulis menjadi 2 baris itu sungguh sangatlah sulit untuk diaplikasikan.....apalagi dipaasarkan!

No comments: