Wednesday, December 21, 2011

Membantu supaya dibantu

Ada seorang teman menceritakan kebiasaannya dalam mendidik anaknya. Ayo nak, kamu harus membantu orang lain supaya nanti kamu akan dibantu oleh Allah swt..... Kalo tidak ada yang minta bantuan maka tawarkan...... !
Berbuat baik dengan jemput bola tampaknya menjadi sebuah cara si ibu untuk mendidik anaknya dalam berempati dengan sesama. Sungguh sangat bagus. Yang jelas yang diharapkan akan membantu kita adalah Allah, sang maha segalanya, bukan pada orang yang kita bantu.
Pada saat kita mengaharapkan bantuan dari manusia, maka di saat orang lain yang kita tolong belum /tidak memberi bantuan sebaliknya maka kita akan kecewa.

Tetapi pada saat kita hanya mengharapkan bahwa Allah lah yang kan membantu kita maka itulah keikhlasan. Cukup hanya allah yang akan membalas. sehingga  memberi bantuan tidak perlu untuk diperlihatkan dengan ekstrim. Sewajarnya saja, haya sebagai upaya pembelajaran. Sebagai media untuk mendidik saja.

Dan bantuan ala temanku itu memang sangat baik. Karena kita yang aktif menjemput pahala. Bukan hanya sekedar menunggu.....
Dan jika itu dilakukan pada saat kondisi dalam penuh keterbatasan, alangkah  mengharukan.... Subhanallah. Ya Allah  sang Maha Penolong, maka bantulah para penolong yang ikhlas hatinya itu....Amin







No comments: