Thursday, December 22, 2011

Perjuangan Seorang Ibu

Ibu, adalah salah satu sosok terpenting dalam kelahiran seorang anak manusia. Perjuangan ibu mulai dari hamil dan melewati masa ngidamnya, melahirkan dan menyusui   sungguh tidak akan pernah tergantikan oleh siapa pun.  Juga oleh ayahya sekalipun.  Karena itulah kodrat biologis ibu sebagai seorang wanita. Namun dalam membesarkan  anak-anaknya, peran ayah dalam hal ini juga tidak kalah pentingnya.
Ibu menjadi sosok yang cukup sentral dalam keluarga. Peran dan tanggungjawabnya sangat besar dan luar biasa sekali.
Ibu  yang "hanya" sebagai Ibu Rumah Tangga  pada oleh sebagian orang  ini dianggap kurang bergengsi, sebenarnya adalah sebuah investasi waktu yang sangat luar biasa yang tidak dimilki oleh seorang wanita bekerja secara leluasa. Memang tidaklah elok bila kita memandang wanita hanya dari sisi bekerja/tidak bekerja; di rumah/di luar rumah. Karena jadinya sangat tidak adil bila kita hanya menilai yang lebih baik adalah yang kerja kantoran atau sebaliknya yang di rumah saja.
Wanita hendaknya dipandang secara utuh sebagai manusia. Yaitu bisa berperan sebagai ibu, istri dan dirinya sendiri. Saat menjadi seorang ibu maka produknya adalah keberhasilan anak-anaknya dalam bidang emotional, spiritual, intelektual yang seringkali baru diakui setelah si anak dewasa kelak. Saat anaknya mulai keluihatan masa depannya.
Sedangkan sebagai seorang istri maka keberhasilannya adalah bagaimana  bisa support kegiatan  suami sebagai pelayan masyarakat dalam profesi apapun.  Bagaimana keberhasilan sebagai seorang ibu sebagai manusia biasa adalah bagaimana aktualisasi dirinya sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Yah jadi dalam hal menilai perjuangan dan keberhasilan sebagai seorang iibu menurut saya harus melihat dari berbagai sisi.
 Tapi yang jelas semua ibu adalah seorang pejuang. selamat hari Ibu...



No comments: