Saturday, February 16, 2013

Tunas Integritas

wow luar biasa untuk peluncuran buku bacaan anak-anak Tunas Integritas oleh Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK). aku belum membacanya tapi dapat membayangkan apa-apa yang termuat di dalamnya. Ya pengembangan karakter untuk anak-anak yang perlu ditanamkan untuk bisa tumbuh menjadi pribadi anti korupsi....persoalan yang sekarang sedang membelit di semua lini kehidupan bangsa ini. Persoalan yang seakan tiada ujung ini....
Nilai anti korupsi ternyata sangat kompleks.  kejujuran, rasa tanggung jawab, disiplin, adil, berani,peduli,  mandiri, kerja keras  dan sederhana.
Ternyata pribadi anti korupsi memang pribadi pilihan yang mempunyai watak yang sangat high quality. Ya  memang orang yang punya kesempatan adalah juga orang pilihan artinya hanya orang yang mempunyai wewenang saja. alias pejabat di level manapun. Jadi pribadi anti korupsi adalah pribadi pilihan diantara pilihan yang sudah baik. Walaupun perilaku mengutip, mengentit, dan sebangsanya juga dapat terjadi di instansi non pemerintah juga.
Kesimpulannya tidak cukup hanya sekedar jujur yang menjadi bekal anti korupsi tetapi harus  ditunjang sikap baik lainnya. Sederhana dalam bersikap wow...sungguh luar biasa pada tataran orang yang mmapu tetapi menerapkan konsep ini. Mudah2 an bacaan ini juga menjadi inspirasi bagi kita yang sudah tua-tua ini selain tentu juga bagia anak-anak kita penerus generasi yang akan datang.
Mudah-mudahan kita diberikan kekuatan untuk selalu mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah...dan menjadi salah satu barisan yang akan mengusung tunas integritas ini. Semoga Allah menjaga kita . Amin.

No comments: