Tuesday, June 2, 2020

Bangga Sebagai RELAKATARO Sebuah Pengantar


Perilaku merokok sudah menjadi sesuatu yang dianggap lazim di masyarakat. Rokok sendiri adalah zat yang berbahaya namun seperti kita ketahui bersama peredarannya legal. Cukai yang ada di dalamnya –lah yang menjadi sin-tax (pajak dosa) – yang akan berkontribusi pada harga rokok pada akhirnya - yang dianggap oleh negara sebagai salah satu alat pengendali untuk peredarannya. Di samping banyaknya regulasi khususnya yang mengarah pada pengaturan perilakunya. Bahwa perilaku ini tidak menguntungkan secara kesehatan dan ekonomi juga pasti sudah diketahui, namun kenyataannya jumlah perokok terus meningkat.
Untuk itu maka buku ini dirasa perlu hadir. Buku ini disusun untuk menjawab kebutuhan akan minimnya rujukan tentang isu-isu rokok dan perilaku merokok , di tengah semakin banyaknya kajian tentang topik ini yang disajikan secara lebih formal.
Uraian komprehensif dalam buku antara lain mencakup: Realitas situasi rokok di masyarakat yang menggambarkan kenyataan real di masyarakat terkait rokok; realitas kebijakan terkait rokok oleh peerintah; dampak merokok; stop atau cegah rokok; serta Kawasan Tanpa Rokok serta perkembangan terbaru yaitu terkait dengan isu rokok dan Corona juga sudah ada di dalamnya. Satu hal yang penting juga, ccntoh studi kasus tentang upaya mengumpulkan puntung rokok (luru utis) oleh relakataro disajikan sebagai upaya mempertemukan dan mengaplikasikan beberapa pengetahuan menjadi sesuatu yang lebih operasional pada level yang lebih kecil, seperti rumah tangga, sekolah dan fasilitas kesehatan.
Titin Sumarni, Alviyatun and 7 others
Like
Comment
Share

No comments: